Tiga Tips Memulai Bisnis agar Sukses dari Miliarder Mark Cuban

40 4 - Tiga Tips Memulai Bisnis agar Sukses dari Miliarder Mark Cuban

Tiga Tips Memulai Bisnis agar Sukses dari Miliarder Mark Cuban

Tiga Tips Memulai Bisnis agar Sukses dari Miliarder Mark Cuban – Mark Cuban adalah seorang pengusaha Amerika dan investor. Dia adalah pemilik NBA’s Dallas Mavericks, Landmark Theatres, dan Magnolia Pictures, dan ketua dari HDTV kabel jaringan AXS TV. Ia juga seorang “hiu” investor di serial televisi, Shark Tank.

Mark Cuban bukan lah nama yang asing bagi para investor maupun kebanyakan orang di dunia ini. Hal tersebut dikarenakan pria tersebut telah lama bergelut di bidang investasi dan bahkan banyak mengucurkan dana ke perusahaan-perusahaan besar.

Kesuksesan Cuban bermula pada 1995. Pada saat itu Cuban dan seorang temannya, Todd Wagner, memulai platform radio internet bernama Broadcast.com. Empat tahun kemudian, Broadcast.com diakuisisi oleh Yahoo seharga 5,7 miliar dolar Amerika Serikat (AS).

Hal tersebut membuat Cuban menjadi orang yang Login Club388 sangat kaya. Sejak itu, investor “Shark Tank” dan pemilik grup basket Dallas Mavericks itu telah berinvestasi di ratusan perusahaan. Ia masih melakukannya hingga saat ini.

1. Memanfaatkan teknologi baru

Cuban mengatakan jika ia harus memulai perusahaan baru hari ini, maka dia akan memanfaatkan teknologi baru, sama seperti yang telah ia lakukan sebelumnya. Dia akan memusatkan bisnis di sekitar teknologi blockchain, kontrak pintar dan token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT).

“Jika ini tahun 1995 lagi, datang dengan jenis aplikasi ini, saya akan gila,” kata Cuban kepada Justin Kan di podcast “The Quest” baru-baru ini. “Itulah yang akan saya lakukan sekarang – apa pun yang bisa saya jadikan digital.”

2. Melakukan hal yang disukai
whatsapp image 2021 02 24 at 225547 1 530f4ff5bdb7ed31916ba92d7f5054da - Tiga Tips Memulai Bisnis agar Sukses dari Miliarder Mark Cuban

Dalam wawancara dengan Entrepreneur’s Handbook, Mark mengatakan salah satu kunci kesuksesannya adalah melakukan hal yang disukai. Ia mengatakan, dengan melakukan hal yang disukai, maka orang akan mudah untuk tekun dalam bidang yang dijalankannya itu.

“Temukan sesuatu yang Anda sukai untuk dilakukan dan jadilah hebat dalam hal itu,” katanya.

3. Siap menghadapi ketidakpastian

Hal lain yang menurut Cuban penting untuk mencapai sukses adalah siap dalam menghadapi ketidakpastian karena hidup akan selalu dipenuhi hal-hal tidak terduga. Ia juga menyarankan untuk tetap berpikir optimis saat menghadapi banyak masalah.

“Saya bangkrut setelah kuliah. Saya tidur di lantai, dipecat, menjadi karyawan yang menyebalkan, memulai perusahaan, kelaparan sebentar, menjual perusahaan itu, menggunakan uang itu untuk memulai perusahaan lain, berpesta seperti bintang rock, menjual perusahaan itu, memulai perusahaan lain,” katanya dalam wawancara pada 2019 dengan Bold TV.

“Meskipun pekerjaan yang Anda ambil tidak ada hubungannya dengan karir impian Anda, Anda akan belajar sesuatu yang baru, Anda akan membangun jaringan, Anda akan bertemu teman baru,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *