Satgas COVID: Kasus Positif Turun 40% Selama PPKM Darurat Saat Ini

Satgas COVID: Kasus Positif Turun 40% Selama PPKM Darurat Saat Ini

Satgas COVID: Kasus Positif Turun 40% Selama PPKM Darurat Saat Ini

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengklaim kasus COVID-19 di Indonesia alami penurunan selama di berlakukan PPKM Darurat.

“Jika di lihat pada 7 hari kebelakang secara nasional, kasus positif mengalami penurunan di mana semula 56.757 pada tanggal 15 Juli, menjadi 33.772 pada tanggal 21 Juli atau turun sebesar 40 persen,” kata Wiku saat konferensi pers virtual, Kamis hari ini.

1. Satgas COVID-19 sebut kesembuhan COVID-19 meningkatkan

Di lansir dari laman doelgercenter.com, Wiku melanjutkan angka kesembuhan COVID-19 sepanjang di berlakukan PPKM darurat mengalami kenaikan. Selama 7 hari terakhir, beliau mengatakan angka kesembuhan COVID-19 meningkat lebih dari 70 persen.

“Jika di lihat pada persen kasus aktif, terlihat mulai mengalami penurunan selama tiga hari terakhir. Persentase BOR (tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit) harian di tingkat nasional juga konsisten mengalami penurunan selama 7 hari terakhir, dari 76,26 persen menjadi 72,82 persen,” lanjutnya.

2. Angka kematian naik dalam sepekan terakhir

Namun, di kutip dari laman apk idn poker, Wiku Adisasmito menyebutkan kasus kematian akibat COVID-19 naik. Dia meminta sehingga kematian akibat COVID-19 ini mampu di kendalikan.

Wiku memastikan kematian akibat COVID-19 bukanlah sebuah angka semata. Pasien yang meninggal akibat COVID-19, lanjutnya, adalah keluarga, saudara, dan kolega masyarakat.

Dia memastikan kasus positif yang turun dan angka kesembuhan yang meningkat, kudu di imbangi bersama menurunnya terhitung angka kematian akibat virus Corona.

“Hal lainnya yang perlu menjadi fokus adalah kematian. Angka kematian yang cenderung mengalami peningkatan selama 7 hari terakhir ini patut di jadikan refleksi kita bersama. Terlebih sudah 6 hari berturut-turut, kematian kita mencapai angka lebih dari 1.000 setiap harinya,” kata Wiku.

“(Angka kematian) ini tidak bisa di toleransi lagi karena ini bukan sekadar angka,” tegasnya.

3. Wiku minta pemda tingkatkan testing COVID-19

Dia melanjutkan pengecekan (testing) COVID-19 mengalami penurunan. Wiku berharap sehingga testing di tingkatkan.

Dia menjelaskan angka testing yang tinggi akan membantu pemerintah untuk melakukan deteksi dini dan lebih cepat di dalam menangani masalah COVID-19.

“Peningkatan testing perlu menjadi salah satu hal yang kita perhatikan. Jumlah orang di periksa yang mengalami penurunan selama 4 hari terakhir, perlu untuk segera di kejar untuk meningkat kembali,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *