Pakar Kesehatan Ragu Vaksin Covid-19 Selesai Januari

Pakar Kesehatan Ragu Vaksin Covid-19 Selesai Januari

Pakar Kesehatan Ragu Vaksin Covid-19 Selesai Januari

Pakar Kesehatan Ragu Vaksin Covid-19 Selesai Januari – Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra melihat vaksin Covid-19 tidak akan dapat diedarkan ke publik secepat yang dibayangkan yakni pada awal Januari 2021. Menurutnya, proses ilmiah vaksin Covid-19 itu masih memerlukan waktu cukup panjang.

“Sebenarnya kita mampu menyimpulkan sementara bahwa vaksin ini tidak secepat yang kita bayangkan, kebertahapannya itu pastilah menjadi bagian dari kehati-hatian ilmiah,” ujar Hermawan dalam acara Polemik MNC Trijaya bertajuk “Menanti Vaksin Covid-19” secara virtual, Sabtu.

Hermawan mengatakan, bagaimana disampaikan pihak Bio Farma, awal Januari 2021 proses uji klinis tahap tiga vaksin baru sampai interim report dan nantinya harus melewati regulatory review dan approval terlebih dahulu.

“Dan setelah itu baru bicara poduksi bila hasil dari interim analisis itu menunjukan efektifitas dari uji vaksin ini,” jelas dia.

Oleh sebab itu, Hermawan mengimbau masyarakat tidak terlalu percaya diri bahwa vaksin corona akan diproduksi pada awal Januari 2021.

“Sebagai masyarakat kita tidak boleh tover confidence ada vaksin pada awal Januari sekali, tetapi kita tetap berharap dan optimis dengan kita sadar dan sabar dengan berperilaku hidup sehat, itu bagian besar dalam sumbangan kita kendalikan covid,” pungkasnya.

AS Optimistis Vaksin Covid-19 Selesai Akhir Tahun 2020

Pakar terkemuka AS tentang penyakit menular, Anthony Fauci, memperkirakan AS akan memenuhi tujuannya untuk memiliki vaksin Covid-19 pada akhir tahun.

“Meskipun tidak ada jaminan, saya merasa senang dengan jadwal yang diproyeksikan,” kata Fauci, Rabu.

Banyak ahli melihat vaksin yang aman dan efektif sebagai satu-satunya jalan keluar dari pandemi yang telah menginfeksi jutaan dan membunuh lebih dari 575 ribu orang di seluruh dunia.

“Dalam pengembangan vaksin, salah satu hal yang Anda harapkan adalah bahwa vaksin Anda menimbulkan respons yang sebanding dengan infeksi alami, karena secara teoritis, vaksin terbaik yang mungkin Anda dapatkan adalah infeksi alami,” jelas Fauci.

Dia menambahkan mungkin butuh satu tahun sebelum pertanyaan kekebalan itu terjawab. Sebuah jajak pendapat Reuters baru-baru ini menemukan bahwa seperempat orang Amerika ragu-ragu untuk menggunakan vaksin. Mereka menyuarakan kekhawatiran bahwa laju kemajuan pengembangan vaksin dapat membahayakan keselamatan.

Fauci mengatakan bahwa dia sadar akan keprihatinan semacam itu. “Ini bisa dimengerti, tapi tidak bisa dibenarkan.

Ia mengatakan proses pengembangan normal menunggu vaksin terbukti efektif sebelum pembuatan dimulai membuang-buang waktu yang berharga. “Jika vaksinnya tidak berfungsi, satu-satunya yang hilang adalah uang,” ujarnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *