Kategori
Uncategorized

Menu Buka Puasa Rumahan yang Praktis dan Sehat

Menu Buka Puasa Rumahan yang Praktis dan Sehat,Bulan Ramadhan yang penuh kemenangan telah tiba. Meski saat ini masyarakat masih dihimbau untuk tetap di rumah saja karena pandemi Covid-19 yang belum juga mereda, namun semarak dan semangat puasa jangan sampai lewat begitu saja. Agar suasana puasa semakin menyenangkan, tak ada salahnya jika kamu menyajikan berbagai menu buka puasa rumahan yang lezat dan sehat. Untuk bisa menyajikan berbagai makanan yang nikmat ternyata tidak melulu harus menu makanan ala hotel bintang 5, lho. Terkadang menu makanan yang sederhana malah lebih terasa nikmatnya apalagi bila disantap bersama keluarga. Namun, terkadang kamu mungkin kebingungan mau masak apa untuk berbuka puasa, bukan? yang telah kita rangkum dalam doelgercenter

yang disupport oleh Download IDNPlay Apk

Tradisi Buka Puasa di Indonesia
tradisi menu buka puasa rumahan - Menu Buka Puasa Rumahan yang Praktis dan Sehat
Sumber foto: Odua Images via Shutterstock

Biasanya saat bulan Ramadhan tiba mendadak jadwal penuh dengan agenda buka puasa bersama. Namun, karena pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu, tradisi ini berhenti seketika. Namun, tradisi buka puasa bersama ini sebenarnya telah ada sejak lama di Indonesia. Bahkan, bagi mereka yang non-Muslim terkadang juga mengikuti kegiatan buka puasa bersama ini. Tradisi buka puasa di Indonesia kerap kali dijadikan sebagai ajang reuni agar bisa berkumpul dengan teman-teman atau saling menjaga silaturahmi.

Tradisi buka puasa bersama merupakan wujud pertemuan budaya ketimuran dan ajaran Islam. Menurut Devie Rahmawati, pengamat sosial vokasi Universitas Indonesia, yang dikutip dari cnnindonesia.com, sebenarnya dalam ajaran Islam sendiri ada hadis yang berbunyi:

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”

Menurut Devi, hadis tersebut relevan dengan hadis-hadis lain yang mengatakan bahwa marilah berlomba-lomba untuk berbuat kebaikan. Ajaran Islam ini kemudian bertemu dengan budaya ketimuran yang kolektif. Namun, bukan berarti tradisi buka puasa bersama ini ada setelah masuknya ajaran Islam ke Indonesia. Sebelum periode masuknya Islam ke Indonesia pun, kondisi geografis dan karakter masyarakat timur memperkuat tradisi buka puasa bersama ini.

Niat Buka Puasa

Menjalankan ibadah puasa Ramadan hukumnya wajib lakukan oleh umat Islam yang sudah berakal atau baligh, sehat, bukan musafir atau orang yang sedang dalam perjalanan atau jalan jauh. Wanita yang suci dari haid dan juga nifas juga wajib melakukan puasa Ramadhan. Puasa Ramadan laksanakan sebulan penuh, sekitar 29 sampai 30 hari. Ibadah ini tidak hanya soal menahan lapar dan haus dari sebelum terbit fajar hingga terbenamnya matahari, namun juga tentang spiritual untuk menjadikan dri sebagai pribadi yang lebih baik. Setelah menjalankan puasa seharian, sebelum berbuka puasa umat Islam dianjurkan untuk membaca doa. Doa berbuka puasa ini iucapkan saat akan membatalkan puasa ketika matahari terbenam. Waktu buka puasa juga tandai dengan dkumandangkannya adzan Magrib. Berikut ini doa niat buka puasa:

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa’alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

Artinya:

Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, wahai Allah Tuhan Maha Pengasih.

Menu Buka Puasa Rumahan yang Mudah Dimasak

Apa saja rencana menu untuk berbuka puasa kamu hari ini? Masih bingung mau menyiapkan daftar menu buka puasa untuk 1 bulanan?

Nah, supaya suasana buka puasa lebih semarak, tidak ada salahnya menyajikan berbagai menu buka puasa yang enak dan sehat untuk keluarga. Namun, kamu tidak perlu khawatir akan kerepotan saat memasaknya, berikut ini adalah resep berbagai menu buka puasa rumahan yang sederhana, enak, dan mudah dmasak. Tak hanya sebagai menu buka puasa, resep ini juga bisa dsajikan untuk sahur. Yuk, langsung coba d rumah!

1. Sayur Sop Ayam
2. Ayam Bakar Bumbu Rujak
3. Capcay Kuah
4. Nasi Goreng Jawa
5. Cumi Sambal Hijau
6. Tahu Cabai Garam

Jadi, menu buka puasa rumahan mana yang ingin segera kamu coba? Tidak hanya praktis masak, rekomendasi menu buka puasa rumahan ini juga enak dan sehat, lho. Pastinya, menu buka puasa dan sahur ini bisa kamu praktikkan selama 30 hari. Kamu juga bisa mengombinasikan beberapa hidangan atas sebagai paket lengkap untuk menu buka puasa mengenyangkan selain takjil yang bisa kamu santap bersama keluarga. Jangan lupa juga imbangi dengan konsumsi vitamin dari buah-buahan yang baik bagi tubuh, seperti adanya manfaat buah naga hingga pir untuk kesehatan. Psst, bahkan, menu buka puasa tad juga bisa jad ide untuk jualan catering  bulan Ramadan, lho.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *