Kategori
Uncategorized

Kerajinan Tangan dari Sulawesi Tengah dan Penjelasannya Post author

Kerajinan Tangan dari Sulawesi Tengah dan Penjelasannya . Sulawesi Tengah adalah salah satu provinsi Indonesia yang banyak menyimpan seni-seni kerajinan tangan yang tak kalah cantik dan unik dengan kerajinan tangan dari wilayah di Indonesia lainnya. Kekayaan alam yang melimpah djadikan para penduduk sebagi mata pencaharian yang menguntungkan. Berikut ini beberapa kerajinana tangan dari Sulawesi Tenganh yang wajib untuk diketahui. yang telah kita rangkum dalam deolgercenter

yang disupport oleh Download IDNPlay Apk

1.Bingga / Tonda

Bingga dalam bahasa Indonesia dsebut ‘Bakul’. Bingga merupakan anyaman yang terbuat dari batang bambu yang sudah d potong, dibelah dan d iris sesuai ukurannya kemudian danyam sedemikian rupa hingga membentuk sebuah bakul. Ukuran dan bentuk dari bakul khas Sulawesi Tengan ini beragam, bakul bisa dbuat baik dalam ukuran yang besar ataupun kecil sesuai keinginan pembuatnya.

Manfaat dari bakul ini adalah bisa mengisi/menyimpan benda – benda apa saja, seperti hasil komodti dan lain sebagainya. Selain itu, dalam tradsi adat seperti ‘posusa’ (partisipasi dan sumbangsi untuk keluarga besar), bakul juga kerap dgunahkan sebagai tempat menyimpan gabah atau beras untuk dantarkan kepada penyelenggara acara misalnya perkawinan, kematian dan sebagainya.

Salah satu keunikan yang tidak akan pernah bisa dtiruh oleh masyarakat manapun ddunia adalah mana kala Para masyarakat menjunjung bakul dkepalanya meskipun tidak dpegang, bakul itu seolah tidak mau beringsut dan tidak terjatuh dari kepala orang yang sedang menjunjungnya.

Suatu keunikan yang tidak terduga oleh siapapun, memang hal ini terkesan enteng namun jika belum biasa. Siapapun tidak akan bisa meniruhnya. pakaian adat sulawesi tengah bisa djadkan sebagai informasi tambahan.

2. Tapi

Tapi jika dterjemahkan kedalam bahasa Indonesia artinya Nyiru. Juga merupakan sebuah kerajinan yang juga terbuat dari Bambu yang danyam dan bermanfaat untuk menampi/menyaring beras supaya bisa dmasak.

Kerajinan Tangan dari Sulawesi Tengah dan Penjelasannya

Kidhe juga sering djumpai di daerah lainnya seperti pulau Jawa, Sumatera, Bali dan lain – lain. Meski demikian, tentunya semua memiliki bentuk dan kualitas yang sedkit berbeda tergantung pembuatannya. Beberapa dekade terakhir . Alat ini sudah berkembang dan dmodfikasi serta dbuat dengan plastik. A lat musik tradsional sulawesi tengah bisa anda jadkan sebagai informasi tambahan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *