Cara Membersihkan Mesin Mobil Sampai Kinclong

Cara Membersihkan Mesin Mobil Sampai Kinclong,Selain interior dan body mobil, mesin mobil juga bisa terpapar oleh debu maupun kotoran lainnya seperti sisa kerak oli, limbah buangan mesin sendiri bahkan kotoran serangga atau hewan seperti tikus. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kondisi dan performa serta penampilan mesin mobil kamu. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memperhatikan kebersihan mesin mobil dengan cara membersihkan mesin mobil yang akan kita bahas ini. Mesin mobil merupakan bagian vital dari mobil. Terdapat banyak komponen kelistrikan yang saling terhubung. Salah dalam membersihkan ruang mesin mobil akan sangat berdampak terhadap kinerja dan performa mesin mobil kamu. Bukannya mesin mobil yang akan terlihat bersih, namun malah membuat mesin konslet dan dapat berakhir fatal seperti kebakaran mesin atau mesin gagal guna.

Tips berikut merupakan cara membersihkan mesin mobil secara umum yang juga bisa kamu aplikasikan untuk membersihkan mesin mobil lainnya seperti mesin mobil matic, mesin mobil tua, mesin mobil eropa dan mesin mobil lain sebagainya. Jadi bagi kamu yang sedang mencari tahu cara membersihkan mesin mobil matic, cara membersihkan mesin mobil avanza , cara membersihkan mesin mobil tua dan cara membersihkan mesin mobil Eropa, maka kamu menemukan artikel yang tepat, karena cara yang akan dibahas  bawah ini dapat kamu jadikan referensi dan tips yang dapat kamu aplikasikan untuk membersihkan mesin mobil kamu.

Tips ini bisa membantu agar kamu tahu bagaimana cara membersihkan mesin mobil kamu seniri  rumah tanpa harus pergi ke tempat cuci mesin mobil terdekat atau detailing mesin mobil. Hal ini baik untuk mengurangi biaya pemeliharaan pembersihan mesin mobil, mengingat harga cuci mesin mobil tidak murah apalagi jika lakukan rutin dan sering.  Untuk itu bagi kamu yang ingin belajar dan tahu bagaimana cara membersihkan mesin mobil yang kotor, simak ulasan Doelgercenter berikut yuk!

yang disupport oleh Download IDNPlay Apk

 

Alasan Mengapa Mesin Mobil Perlu Dibersihkan
cara membersihkan mesin mobil alasan - Cara Membersihkan Mesin Mobil Sampai Kinclong
Sumber Foto: Bhakpong via. Shutterstock

Banyak orang berpikir bahwa kebersihan mobil yang perlu perhatikan hanyalah kebersihan interior dan body mobil saja karena bagian tersebut merupakan bagian yang paling tampak, Alhasil, kebersihan mesin mobil pun terabaikan. Padahal, mesin mobil merupakan pusat kinerja dan penggerak dari mobil. Kotoran-kotoran pada mesin mobil dapat menyebabkan karat pada komponen mesin mobil yang dapat merusak mesin mobil dan membahayakan saat mobil kendarai. Kerusakan pada mesin mobil juga membutuhkan biaya perbaikan yang tidak murah. Oleh sebab itu sebagai tindakan preventif atau pencegahan, menjaga kebersihan mesin mobil haruslah sangat perhatikan karena berpengaruh terhadap performa dan kerusakan mesin mobil itu sendri. Lebih jelasnya berikut beberapa alasan yang harus kamu tahu mengapa mesin mobil kamu perlu untuk bersihkan.

1. Mencegah Terhambatnya Pelepasan Panas Pada Mesin Mobil

Mesin mobil yang kotor biasanya sebabkan oleh tetesan oli mesin, debu dari komponen mesin lainnya, kotoran akibat panas mesin, limbah radiator mesin, limbah AC, bahkan kotoran yang sebabkan oleh serangga atau hewan lainnya yang bisa menyusup kedalam mobil kamu. Kotoran-kotoran dan debu ini mengakibatkan terhambatnya pelepasan panas pada mesin. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kondsi kualitas mesin mobil. Oleh karena itu kamu harus tahu bagaimana cara membersihkan kerak oli pada mesin mobil, cara membersihkan mesin mobil dari kotoran tikus serta cara membersihkan mesin mobil dari kotoran lainnya.

2. Mencegah Resiko Terjadinya Aus Pada Komponen Mesin yang Terbuka

Mesin mobil terdri dari banyak komponen, termasuk komponen terbuka seperti dnamo, power steering, belt AC, ACG dan beberapa komponen lainnya. Membersihkan mesin mobil dapat mencegah terjadnya aus pada komponen mesin terbuka yang telah dsebutkan atas.

3. Meringankan Kerja Kipas Pada Radiator

Membersihkan mesin mobil juga akan berpengaruh terhadap kinerja kipas pada radiator yang berpengaruh terhadap pendngin udara mesin mobil. Hal ini akan membuat mesin mobil kamu tidak cepat panas.

4. Menjaga Kondisi Konektor Listrik

Alasan terakhir yang harus kamu tahu mengapa perlu membersihkan mesin mobil adalah untuk menjaga kondsi konektor listrik mobil. Ingat, mobil terdri dari berbagai komponen kompleks yang saling terhubung satu sama lain. Satu komponen saja bermasalah akan menyebabkan komponen lain juga ikut bermasalah. Kerusakan yang terjai pada mesin akan membuat mobil mogok dan tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Kerusakan pada mesin mobil juga dapat berakhir fatal dan biaya perbaikannya cukup besar. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencegah kerusakan mesin pada mobil adalah dengan cara memastikan kebersihan mesin mobil agar mesin mobil senantiasa terawat dan memiliki performa yang baik.

Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Benar
cara membersihkan mesin mobil sampai kinclong - Cara Membersihkan Mesin Mobil Sampai Kinclong
Sumber Foto: BigTunaOnline via. Shutterstock

Setelah mengetahui alasan mengapa mesin mobil perlu dbersihkan, selanjutnya kamu harus tahu bagaimana cara membersihkan mesin mobil yang benar. Cara membersihkan mesin mobil tidak sama dengan cara membersihkan body mobil maupun interior mobil. Baik itu cara membersihkannya, peralatan pembersihannya hingga cairan pembersihnya juga berbeda.

Selain itu, kamu juga harus tahu bahwa mesin mobil terdri dari banyak komponen kelistrikan yang saling bersinergi untuk menjalankan mesin mobil. Jadi kamu harus berhati-hati dalam membersihkannya, jangan sampai kamu kesetrum atau malah membuat mesin mobil kamu mengalami konsleting. Selain itu, ruang mesin mobil juga merupakan bagian paling vital dari mobil. Mobil dapat berjalan dengan baik serta aman ketika dpakai berkendara tergantung dari keadaan mesin mobil.

Jadi, jangan asal mencuci ruang mesin mobil, karena jika salah akibatnya malah dapat merusak mobil. Ingat, kerusakan pada mesin mobil bisa membuat mesin mogok atau tidak bisa jalan sama sekali. Tidak mau kan hal tersebut terjad pada mobilmu? Untuk itulah simak beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat membersihkan mesin mobil berikut ini.

1. Bersihkan Mesin Mobil di Lokasi yang Tidak Terkena Matahari Langsung

Tips membersihkan mesin mobil pertama adalah pilihlah lokasi pembersihan yang tidak terkena matahari langsung. Hal ini dkarenakan pada mesin mobil terdapat beberapa komponen atau bagian yang terbuat dari karet dan plastik yang dapat memuai dan rapuh apabila terkena sinar matahari langsung. Ini akan berpengaruh terhadap kinerja dari komponen tersebut.  Lokasi pembersihan yang paling ideal adalah d garasi mobil. Namun apabila garasi mobil kamu terlalu sempit dan gelap, kamu dapat sedkit memundurkan mobil dan pastikan kap mesin mobil menghadap keluar garasi. Hal ini akan memudahkan dalam proses pembersihan mesin mobil.

2. Panaskan Mesin Mobil Sebelum Dibersihkan

Sebelum memulai proses pembersihan mesin mobil, kamu perlu memanaskan mesin mobil selama kurang lebih 15 menit lalu diamkan sebentar. Tunggu sampai mesin mobil sedikit dingin. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kamu dalam membersihkan kotoran yang membandel pada mesin. Perlu kamu ketahui bahwa kotoran yang menempel pada mesin yang dingin akan sangat sulit untuk dibersihkan.

3. Mulai Proses Pembersihan Setelah Mesin Mobil Dingin

Kamu bisa memulai proses pembersihan mesin mobil setelah mesin mobil dingin. Tentu saja hal ini dilakukan demi keselamatan diri. Selain itu, apabila mobil baru saja dikendarai, jangan langsung dicuci karena hal ini malah dapat membuat mesin mobil cepat rusak. Tunggulah hingga 30-45 menit untuk mendinginkan mesin mobil sebelum memulai proses pembersihan mesin mobil kamu.

4. Bersihkan Debu dan Kotoran Ringan

Kamu bisa mengawali pembersihan mesin mobil dengan membersihkan debu dan kotoran ringan terlebih dahulu. Pada tahap ini, gunakan sikat atau kuas untuk membersihkan debu dan kotoran ringan pada permukaan mesin. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kain lap untuk membersihkan debu-debu dan kotoran lainnya. Mulailah langkah ini dengan menyapu permukaan mesin hingga ke sela-sela. Proses ini akan lebih mudah dilakukan apabila kamu memiliki blower atau hairdryer. Pada tahap ini, proses pembersihan debu dan kotoran ringan tidak perlu menggunakan air.

5. Lepaskan Aki Mobil, Tahap Penting Cara Membersihkan Mesin Mobil

Tahap selanjutnya, lepaskan aki mobil untuk memutuskan aliran listrik pada mobil. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya korsleting listrik karena pada tahap ini dan selanjutnya pembersihan mesin mobil akan menggunakan air. Selain itu, bungkuslah perangkat elektronik lainnya yang terdapat pada mesin mobil dengan pembungkus anti air seperti aluminium foil, plastik, kain atau apapun yang dapat melindunginya dari air.

Selain untuk menghindari korsleting listrik pada mobil, pelepasan aki mobil juga dapat memudahkan kamu untuk mengakses bagian bawah penyimpanan aki yang merupakan salah satu sarang kotoran pada mesin mobil kamu. Lepas aki lalu simpan aki baik-baik di tempat yang aman dan kering. Kamu juga harus menyimpan dengan baik baut-baut dan komponen lainnya agar tidak hilang dan dapat dipasang kembali setelah proses pembersihan mesin mobil selesai.

6. Perhatikan Bagian Bawah Kap Mesin Mobil

Setelah aki mobil diangkat dan diamankan, kamu bisa memulai pembersihan mesin mobil dengan menggunakan air. Bagian pertama yang dapat kamu bersihkan ialah bagian bawah kap mesin mobil karena bagian ini terletak diatas dan mudah untuk dijangkau. Untuk membersihkan bagian ini, kamu bisa menggunakan sikat atau kuas. Selain itu, untuk memudahkan proses pembersihan, kamu bisa menggunakan cairan pembersih mesin mobil atau bisa menggunakan cairan pembersih serbaguna lainnya. Sebagian orang juga membersihkan mesin mobil dengan sunlight.

Setelah kamu membersihkan mesin dan mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan kamu, kamu bisa membilasnya dengan air. Cukup cipratkan saja air untuk membilas sisa cairan pembersih lalu keringkan dengan lap. Kamu bisa menggunakan lap microfiber atau plas chamois.

7. Cara Membersihkan Mesin Mobil Menggunakan Steamer

Untuk memudahkan proses pembersihan mesin mobil, kamu bisa menggunakan steamer. Diawal kamu bisa memfokuskan pembersihan mesin mobil pada bagian-bagian permukaan besar dan mudah untuk dijangkau. Lalu melanjutkan pada bagian sela-sela yang sulit terjangkau menggunakan steamer.

Gunakanlah steamer yang memiliki lubang kecil agar kekuatan cipratan maksimal untuk mengangkat kotoran dan air tidak menyebar kemana-mana. Selain itu, kamu juga bisa membersihkan bagian ruang mesin dengan menggunakan sitrun. Apakah itu sitrun? Sitrun alias asam sitrat merupakan nama lain dari bahan kimia citric acid yang biasa digunakan untuk membersihkan noda pada pakaian atau peralatan rumah tangga lainnya yang membandel. Lalu bagaimana cara membersihkan mesin mobil dengan sitrun? Kamu dapat mencampurkan sitrun dengan cairan pencuci piring (sunlight) dan juga air, lalu aduk hingga rata. Masukkan larutan tersebut kedalam wadah semprotan. Gunakan larutan ini sebagai cairan pembersih mesin mobil kamu.

8. Jangan Lupa Bersihkan Bagian Depan Mesin Mobil

Setelah membersihkan ruang mesin mobil, kamu bisa melanjutkan dengan membersihkan bagian depan mesin mobil. Untuk membersihkan bagian ini, lepas grill depan agar kamu bisa lebih leluasa dalam membersihkannya. Selain itu kamu juga dapat membersihkan lampu mobil dengan menggunakan pasta gigi. Caranya, oleskan pasta gigi dengan menggunakan sikat gigi pada cover lampu, lalu gosok hingga cover lampu tampak bersih sesuai yang kamu inginkan. Lakukan dengan benar, maka lampu kamu akan kembali kinclong.

9. Pastikan Untuk Mengeringkan Bagian yang Sudah Dibersihkan

Setelah membersihkan semua bagian mesin dan komponen-komponen lainnya, tahap selanjutnya adalah mengeringkan bagian-bagian yang sudah dibersihkan agar air yang tersisa tidak menyebabkan karat pada bagian permukaan mesin. Kamu bisa mengeringkan bagian yang sudah dibersihkan dengan menggunakan lap microfiber atau lap plas chamois. Namun sebelum mengeringkan bagian yang sudah dibersihkan, pastikan bahwa kamu sudah membilasnya terlebih dahulu.

10. Pasang Kembali Aki Setelah Membersihkan Mesin Mobil

Setelah semua bagian mesin keringkan, jangan lupa untuk memasang kembali aki ke dalam ruang mesin mobil. Pastikan kamu memasang aki dengan benar ya, agar mesin mobil bisa menyala.

11. Cek Kembali Sisa Sabun yang Tertinggal di Mesin Mobil

Sebelum mengakhiri proses pembersihan mesin mobil, pastikan kembali bahwa tidak ada sisa sabun yang tertinggal  dalam mesin mobil. Karena sisa sabun dapat menyebabkan mesin mobil mudah berkarat.

12. Nyalakan Kembali Mesin Mobil yang Telah Dibersihkan

Setelah semua proses tahapan pembersihan mesin mobil selesai, hidupkan kembali mesin mobil. Menyalakan kembali mesin mobil yang telah bersihkan lakukan untuk menghangatkan bagian-bagian mesin yang lembab karena  bersihkan dengan air atau cairan pembersih lainnya.

Itulah cara membersihkan mesin mobil yang dapat kamu lakukan untuk memastikan bahwa mesin mobil kamu bersih dan terawat. Membersihkan mesin mobil penting lakukan untuk menjaga kualitas kinerja mesin mobil kamu. Namun, apabila kamu merasa tidak memiliki waktu dan khawatir terhadap kebersihan mesin mobil kamu, kamu bisa mengandalkan jasa tempat cuci mesin mobil terdekat. Kamu juga dapat mengecek terlebih dahulu harga cuci mesin mobil sebelum memutuskan untuk menyerahkan pembersihan mesin mobil kamu pada tempat cuci mesin mobil terdekat.

Bagi kamu yang tinggal  kota-kota besar, mungkin akan lebih mudah bagi kamu untuk menjangkau tempat cuci mobil terdekat. Tidak terkecuali bagi kamu yang tinggal Bandung dan Surabaya, terdapat banyak sekali cuci mesin mobil Bandung dan cuci mesin mobil Surabaya yang sudah terjamin kualitasnya. Dan jangan lupa untuk memberikan proteksi asuransi sebagai perlindungan mobil terbaik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *