Berita Terkini Presiden Brasil di Duga Terlibat Skandal Penggelapan Gaji

Berita Terkini Presiden Brasil di Duga Terlibat Skandal Penggelapan Gaji

Berita Terkini Presiden Brasil di Duga Terlibat Skandal Penggelapan Gaji

Presiden Brasil Jair Bolsonaro, seorang populis sayap kanan yang mengagumi Donald Trump, menjabat sebagai pemimpin Negeri Samba pada Januari 2019. Saat ia merasa menjabat, ia bersumpah dapat membersihkan Brasil dari korupsi.

Tapi di lansir dari laman doelgercenter.com, dalam beberapa minggu terakhir, tekanan pada dirinya jadi menguat. Hal ini berkaitan dengan tuduhan buruknya penanganan pandemik virus corona. Penanganan skandal korupsi pembelian vaksin pejabatnya, dan kini ia di kira terlibat dalam skandal penggelapan gaji.

Akhir pekan lalu, di kutip dari laman download idn poker versi terbaru, puluhan ribu rakyat Brasil turun ke jalan-jalan di lebih dari 40 kota, memprotes kebijakan Presiden Bolsonaro yang di anggap buruk dalam mengatasi pandemik. Rakyat Brasil menuntut pemakzulan Bolsonaro dan mendesak agar sanggup akses yang lebih besar ke vaksin untuk melawan COVID-19.

1. Rahasia lama Presiden Jair Bolsonaro

Presiden Brasil Jair Bolsonaro sudah meraih tekanan bertubi-tubi perihal lebih dari satu persoalan layaknya dugaan keterlibatan skandal korupsi, tuduhan penanganan wabah virus corona yang jelek dan kini tuduhan dugaan penggelapan gaji.

Dalam persoalan terakhir, hal itu di ungkapkan oleh fasilitas lokal kondang UOL, di mana skandal dugaan penggelapan gaji adalah rahasia lama, yakni saat Jair Bolsonaro menjadi anggota parlemen di majelis rendah dari th. 1991 hingga bersama 2018.

Melansir laman The Guardian, skandal dugaan skema penggelapan gaji Bolsonaro di dalam arti lokal di sebut termasuk rachadinha. Skema tersebut bekerja bersama cara layaknya pungutan gaji yang mesti di bayarkan oleh pekerja kepada Jair Bolsonaro karena sudah di jadikan sebagai staf.

2. Mantan ipar Jair Bolsonaro dapat di panggil senat untuk di mintai keterangan

Kabar berita skandal penggelapan gaji atau ‘cashback’ gaji dari staf Bolsonaro ketika menjabat sebagai anggota parlemen itu segera menjadi bola panas yang viral di Brasil. Melansir laman Reuters, Senator Renan Calheiros mengatakan pada hari Senin (5/7) bahwa Andrea Siqueira Valle, mantan ipar Bolsonaro, dapat di panggil ke Senat untuk di interogasi di hadapan komite.

Praktik tuduhan rachadinha yang menjerat Jair Bolsonaro adalah kasus baru yang kemungkinan akan di selidiki oleh Senat Brasil. Kasus sebelumnya yang di selidiki senat adalah tentang penanganan pandemik oleh pemerintahan Bolsonaro.

3. Tekanan untuk memakzulkan Bolsonaro yang semakin meningkat

Kasus skema rachadinha yang saat ini di tuduhkan terhadap Presiden Jair Bolsonaro, beberapa tahun lalu juga pernah menjerat putra tertuanya yang bernama Flavio Bolsonaro. Menurut Al Jazeera, jaksa negara bagian Rio de Janeiro secara resmi pernah mengajukan tuntutan terhadap Flavio Bolsonaro yang menjadi Senator federal atas dugaan partisipasinya dalam kasus rachadinha ketika ia menjadi anggota parlemen negara bagian.

Kekisruhan kali ini semakin membuat tekanan politik terhadap Jair Bolsonaro semakin menguat. Kasus ini dapat menimbulkan masalah bagi Bolsonaro saat Negeri Samba itu bersiap untuk pemilihan presiden tahun depan.

Luiz Inacio Lula da Silva, mantan Presiden Brasil sayap kiri di perkirakan akan mencalonkan diri kembali sebagai presiden. Akan tetapi sejauh ini belum mengkonfirmasi pencalonannya. Jajak pendapat yang pernah di lakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa Lula memiliki peluang bagus untuk mengalahkan Bolsonaro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *