Beragam Bahan Kimia yang Berpotensi Berbahaya Didalam Rumah

14 - Beragam Bahan Kimia yang Berpotensi Berbahaya Didalam Rumah

 Beragam Bahan Kimia yang Berpotensi Berbahaya Didalam Rumah

Beragam Bahan Kimia yang Berpotensi Berbahaya Didalam Rumah – Zat kimia atau bahan kimia, yang juga dikenal sebagai zat murni adalah suatu bentuk materi yang memiliki komposisi kimia dan sifat karakteristik konstan. Ia tidak dapat dipisahkan menjadi komponen dengan metode pemisahan fisika, yaitu tanpa memutus ikatan kimia.  Zat kimia bisa berupa unsur kimia, senyawa kimia, ion atau paduan.

Zat kimia sering di sebut ‘murni’ untuk membedakannya dari campuran. Contoh umum zat kimia adalah air murni; ia memiliki sifat yang sama dan rasio hidrogen terhadap oksigen yang sama, baik di isolasi dari sungai maupun di buat di laboratorium. Zat kimia lain yang biasa di temui dalam bentuk murni adalah intan (karbon), emas, garam meja (natrium klorida) dan gula pasir (sukrosa).

Bahan kimia yang berpotensi berbahaya dapat di temukan di idn poker mana saja, bahkan di setiap sudut di rumah. Jika tidak di simpan atau di gunakan dengan benar, produk ini dapat menyebabkan masalah kesehatan ringan hingga serius. Kira-kira, apakah bahan kimia ini dan apa saja bahaya yang mungkin di timbulkan?

1. Bisphenol A
kim deachul noazwcmzzja unsplash 9e72a4a1c163495d0dee22601e354d90 - Beragam Bahan Kimia yang Berpotensi Berbahaya Didalam Rumah

Bisphenol A atau BPA adalah bahan kimia yang biasa di temukan dalam plastik, seperti botol dan food container atau wadah penyimpan makanan. Di lansir Mayo Clinic, bahan kimia ini di kaitkan dengan risiko penyakit arteri koroner, peningkatan tekanan darah, dan masalah dengan perkembangan reproduksi perempuan.

Meskipun Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) telah mengatakan bahwa BPA aman bagi manusia, tetapi sebenarnya hal ini di tentang oleh komunitas ilmiah. Untuk menghindari paparan BPA, kamu harus menghentikan memasukkan wadah makanan berbahan dasar plastik ke dalam microwave, mengurangi konsumsi makanan kalengan, dan mengganti wadah plastik dengan alternatif, seperti kaca atau stainless steel.

2. Ftalat
pexels steve johnson 1000084 5325d04a68d88ac3db35f4d98aa13a53 d5e5c333702dec02992d99bb56164eee - Beragam Bahan Kimia yang Berpotensi Berbahaya Didalam Rumah

Ftalat adalah bahan kimia dalam keluarga plasticizer yang membuat plastik tahan lama dan fleksibel. Sebenarnya, ftalat di larang di gunakan dalam mainan dan produk anak-anak, tetapi bahan kimia ini terus di gunakan dalam manufaktur dan memberikan berbagai dampak buruk bagi kesehatan.

Menurut data dari IHS Markit, ftalat menyumbang 65 persen dari konsumsi plasticizer dunia. Paparan ftalat di kaitkan dengan sejumlah masalah reproduksi, seperti penurunan fungsi reproduksi, obesitas, attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), asma, diabetes, dan kanker payudara.

3. Pestisida
washing vegetables 272962 1280 5325d04a68d88ac3db35f4d98aa13a53 c2672a6c57d01fbcc30e055cedffddfb - Beragam Bahan Kimia yang Berpotensi Berbahaya Didalam Rumah

Pestisida biasa di temukan pada buah-buahan, sayuran, hingga susu. Pada Pestisida di gunakan sebagai pembunuh gulma, tetapi bisa bersifat racun bagi manusia.

Penelitian dalam jurnal The Lancet tahun 2015 menunjukkan bahwa paparan pestisida tertentu dapat menyebabkan kanker, seperti leukemia dan limfoma non-Hodgkin. Dan Pestisida juga telah di kaitkan dengan risiko autisme pada bayi dan ADHD pada anak-anak dan remaja. Untuk menghindari paparan pestisida, ada baiknya kamu beralih ke makanan organik.

4. Bleaching
pexels karolina grabowska 4239130 5325d04a68d88ac3db35f4d98aa13a53 da36aba160d3895eab77799802193166 - Beragam Bahan Kimia yang Berpotensi Berbahaya Didalam Rumah

Produk bleaching dalam rumah tangga mengandung bahan kimia yang di sebut natrium hipoklorit. Di jelaskan dalam laman Cleveland Clinic, cairan dan uap pemutih klorin dapat mengiritasi kulit, mata, hidung, dan tenggorokan. Dermatitis dapat terjadi akibat kontak langsung dengan kulit. Apabila tertelan, ini dapat menyebabkan cedera esofagus, iritasi lambung, mual, dan muntah yang berkepanjangan.

Ingatlah untuk tidak mencampur pemutih klorin dengan produk pembersih rumah tangga lainnya dan terutama dengan amonia. Sebab, melakukan hal ini dapat menyebabkan berbagai jenis gas beracun di lepaskan, yang dapat menyebabkan masalah pernapasan yang sangat serius.

5. Asbes
pexels nadine wuchenauer 1726791 5325d04a68d88ac3db35f4d98aa13a53 4bacf290a3a3a49a35f01ccba8ffdb91 - Beragam Bahan Kimia yang Berpotensi Berbahaya Didalam Rumah

Asbes adalah mineral yang tahan terhadap panas dan korosi kimia dan dapat di campur dengan bahan lain untuk memperkuatnya. Bahan bangunan modern mungkin mengandung asbes hingga satu persen, sedangkan bangunan tua cenderung mengandung asbes dalam persentase yang lebih tinggi.

Di lansir Green America, serat asbes dapat terhirup dan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan peradangan, jaringan parut, penyakit pernapasan, dan kanker. Meskipun sampai saat ini penggunaan abses tidak di larang, tetapi ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk menggunakan material yang lain karena begitu asbes rusak, debu asbes akan beterbangan dan terhirup yang menyebabkan masalah kesehatan.

Kamu mungkin tidak bisa menghindari semua bahan ini 100 persen, tetapi kamu bisa meminimalkan akibatnya dengan mencari alternatif yang lebih aman dan menyimpan produk dengan benar. Jika tanpa sengaja bahan-bahan kimia ini tertelan, terhirup, atau mengenai kulit, segera datangi fasilitas kesehatan untuk mendapat pertolongan.

Zat kimia berada sebagai zat padat, cairan, gas, atau plasma, dan dapat berubah antara fase materi ini dengan perubahan suhu atau tekanan. Zat kimia dapat di gabungkan atau di ubah menjadi zat lain melalui reaksi kimia. Bentuk energi, seperti cahaya dan panas, bukan materi, dan karena itu dalam hal ini bukan termasuk “zat”.

Zat kimia (juga di sebut zat murni) di definisikan sebagai “semua material dengan komposisi kimia tertentu” dalam pendahuluan buku teks kimia umum. Menurut definisi ini, sebuah zat kimia dapat berupa unsur kimia murni atau senyawa kimia murni. Tetapi, terdapat pengecualian untuk definisi ini; suatu zat dapat juga di definisikan sebagai suatu bentuk materi yang memiliki baik komposisi yang pasti dan sifat yang berberda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *