Alasan Mengapa Berlebihan Memihak Diri Sendiri adalah sikap yang Buruk

Alasan Mengapa Berlebihan Memihak Diri Sendiri adalah sikap yang Buruk

Alasan Mengapa Berlebihan Memihak Diri Sendiri adalah sikap yang Buruk

Setiap orang memang harus bisa memihak dirinya sendiri di saat terlibat suatu masalah. Namun, di lansir dari laman doelgercenter.com, cara kamu berpihak juga gak boleh sembarangan, harus ada kontrol yang baik.

Nyatanya, hal ini di lakukan bukan tanpa sebab yang jelas, karena sedikitnya ada lima alasan di balik buruknya sikap berlebihan dalam memihak diri sendiri. Di kutip dari laman apk idn poker, biar tahu lebih lengkapnya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Tidak mau menerima konsekuensi atas segala tindakan burukmu

Di saat kamu terlibat suatu kasus dan kamu yang berbuat salah, jangan dulu memihak diri sendiri secara berlebihan. Hal tersebut bukan tindakan yang baik, apalagi mampu berakhir jelek yang berkepanjangan.

Nyatanya, tindakan tersebut sama saja dengan tidak berkenan terima konsekuensi atas segala tindakan burukmu. Padahal, kamu wajib mampu bertanggung jawab, apalagi itu kekeliruan kamu yang udah di sadari sedari awal.

2. Tidak mau mengakui kesalahan dan gak mau di salahkan

Pembelaan terhadap diri sendiri memang di perlukan, namun jangan sampai berlebihan jika kamu sendiri yang membuat kesalahan. Kamu harus bisa memperbaiki itu semua, jangan menghindar.

Jangan jadi orang yang tidak mau mengakui kesalahan dan gak mau di salahkan. Pembelaan diri sendiri mungkin perlu, namun harus dalam batas yang wajar karena itu adalah kesalahan kamu sendiri.

3. Mengorbankan orang lain demi kepentingan diri sendiri

Orang yang membela diri sendiri secara berlebihan sangat tidak baik, apalagi sudah tahu jelas bahwa itu adalah kesalahannya. Pada akhirnya, kamu hanya akan mengambinghitamkan atau mencari orang lain untuk di salahkan.

Padahal, jangan biarkan orang yang tidak pernah berbuat salah menjadi yang di salahkan. Itu merupakan tindakan yang gak adil, apalagi hanya demi kepentingan diri sendiri.

4. Sulit introspeksi diri karena selalu merasa benar

Pengalaman adalah guru terbaik, termasuk juga sebuah kesalahan. Jika kamu berbuat salah, jangan membela diri secara berlebihan, bahkan harus meminta maaf dan mengakui kesalahan.

Kamu bisa belajar banyak hal dari kesalahan tersebut, termasuk instrospeksi diri. Kamu harus membenahi diri agar tidak melakukan kesalahan yang sama, apalagi sampai melakukannya secara berulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *